Ke-9 Kalinya Kabupaten Ciamis Kembali Raih Anugerah ADIPURA Sebagai Kabupaten Dengan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Yang Baik

Kabupaten Ciamis,- Kabupaten Ciamis kembali ukir prestasi gemilang di Tahun 2023 ini dengan diraihnya penghargaan Anugerah Adipura Tahun 2022.

Penganugerahan tersebut diterima langsung oleh Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya di Auditorium dr. Soedjarwo, Gd. Manggala Wanabakti Jl. Gatsu Jakarta Pusat. Selasa, 28/02/23.

Provinsi Jawa Barat memiliki keterwakilan dua daerah yang mendapatkan penghargaan Anugerah Adipura Tahun 2022 ini yaitu Kabupaten Ciamis dan satunya lagi Kota Bogor.

Adapun Anugerah Adipura tersebut adalah merupakan penghargaan yang ke-9 kalinya kepada Kabupaten Ciamis yang memiliki kinerja pengelolaan lingkungan yang baik, menggabungkan unsur sosial, ekonomi dan lingkungan untuk membentuk wilayah layak huni yang tercermin dari masyarakat kabupaten/kota yang peduli lingkungan.

Atas dasar tersebut, mengingat karakter serta adat kebiasaan masyarakat sehari-hari di Kabupaten Ciamis, didukung dengan baik oleh Pasukan Kebersihan dan Pertamanan (Pasukan Ungu) DPRKPLH Kab. Ciamis, peran seluruh OPD, para Camat, para Kepala Desa/Kelurahan, Pengelola Bank Sampah, Relawan Peduli Lingkungan, Tim DUITIN, Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) serta pihak-pihak yang sangat peduli dengan lingkungan sehingga terbangun partisipasi dan kebiasaan di masyarakat sebagai pengelola sampah yang baik.

Sementara itu Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya menjelaskan bahwa Penghargaan Anugerah Adipura tersebut merupakan penghargaan kepada seluruh masyarakat kabupaten Ciamis karena mastarakat Ciamis terbiasa dengan perilaku PHBS dan sangat wajar didapatkan oleh Kabupaten Ciamis mengingat dukungan, kebiasaan, partisipasi seluruh elemen masyarakat, serta hasil kerja seluruh komponen masyarakat dalam menekan volume sampah serta menunjukkan kepeduliannya untuk Ciamis Bersih Sehat dan Bernilai diapresiasi dan dinilai dengan baik oleh Tim Penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui penilaian Adipura kabupaten/kota, Paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Herdiat juga berpesan, “Penghargaan Anugerah Adipura ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis, ucapan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasi dan dukungan semua pihak dalam mewujudkan Kabupaten Ciamis yang bersih, sehat dan layak hun”.

“Terus pertahankan jati diri dan tingkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan, KITA JAGA ALAM, ALAM JAGA KITA, GALUH NANJEUR CIAMIS TANGGUH”, Tandasnya.

Share Berita