Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

KEHADIRAN MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA TEMATIK (KKNT) PROVINSI JABAR-BANTEN DI DESA KUTAWARINGIN

04 Agustus 2022 09:38:55  Administrator  103 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pada tanggal 18 Juli 2022, Desa Kutawaringin kedatangan mahasiswa dari berbagai universitas dan bidang keilmuan yang berbeda se-Jawa Barat dan Banten. Kehadiran mahasiswa tersebut tergabung dalam program KKNT atau Kuliah Kerja Nyata Tematik yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Perguruan Tinggi wilayah IV. Mahasiswa yang tergabung dalam program tersebut akan berada di Desa Kutawaringin sampai tanggal 21 Agustus 2022.

Maksud dan tujuannya kehadiran mahasiswa KKNT tersebut yaitu untuk melakukan program bina desa yang dimana bina desa disini ialah, membangun desa sekaligus berperan dalam mengembangkan potensi yang ada di desa. Desa Kutawaringin menjadi salah satu desa yang terpilih menjadi tempat terlaksananya program KKNT se-Jabar dan Banten ini.

Kegiatan ini menjadi program kolaborasi antar mahasiswa dan dosen untuk mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan. Program ini membawa misi agar mahasiswa dapat  mengaplikasikan keilmuan yang diperoleh dari masing-masing bidang dalam memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat desa dan meningkatkan kualitas dalam cakupan masyarakat Jawa Barat Dan Banten.

Adapun program kegitan yang akan diterapkan di desa kutawaringin yaitu terdiri dari 5 program meliputi :

Penyuluhan Stunting maksud dan tujuan dari adanya program penyuluhan stunting ini adalah melakukan penyuluhan terhadap masyarakat dengan memberikan edukasi, agar masyarakat desa kutawaringin memiliki pengetahuan yang lebih mengenai stunting terkhusus pengetahuan mengenai pentingnya kesehatan terutama gizi pada ibu hamil dan batita.

Adapun di dalam program tersebut mahasiswa melaksanakan kegiatan yang ada di desa kutawaringin yang terbagi kepada tiga dusun yaitu dusun buni asih, dusun suka maju dan dusun neglasari. Adapun kegiatan tambahan selain dari program penyuluhan yaitu seperti melakukan tensi secara gratis dan melakukan penanganan pertolongan pertama terhadap masyarakat desa kutawaringin.

Literasi Pendidikan, maksud dan tujuan diadakannya program pendidikan ialah menyediakan pembelajaran tambahan bagi masyarakat kutawaringin khusunya anak-anak di jenjang SD (Sekolah Dasar).

Serta mengenalkan media pembelajaran berbasis IT kepada siswa-siswi sekolah yang ada di desa kutawaringin agar lebih memudahkan mereka dalam kegiatan belajar. Memberikan motivasi dalam belajar dan memberikan pemahaman bahwasannya mereka perlu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Branding, maksud dan tujuan diadakannya program Branding Masuk Desa adalah memberi pemahaman kepada masyarakat Desa Kutawaringin tentang berwirausaha, pentingnya branding pada produk desa, serta edukasi tentang strategi pemasaran. Selain itu, tim branding juga membuat inovasi tentang natural farming berupa Hidroponik dengan pemanfaatan barang sederhana yang selanjutnya dilakukan pengenalan dan pelatihan kepada masyarakat desa kutawaringin berupa Hidroponik.

Sistem Informasi, maksud dan tujuannya dengan adanya program ini ialah agar dapat membantu perangkat desa untuk memaksimalkan peran perkembangan teknologi sebagai media layanan masyarakat seperti halnya penggunaan sistem informasi desa berbasis website yang ada di desa kutawaringin agar masyarakat dipermudah dalam melakukan kegiatan administrasi desa, dengan cara memberikan edukasi berupa teks dan vidio dalam penggunaan sistem informasi desa berbasis website desa kutawaringin.

Pembuatan Film, maksud dan tujuannya pembuatan film ini ialah untuk mengangkat potensi yang ada di desa kutawaringin sekaligus sebagai media untuk melakukan promosi terhadap produk yang ada di desa kutawaringin. Jenis film yang dipillih adalah film dokumenter.

Film dokumenter ini mengangkat isu yang unik yang ada di desa kutawaringin, kami akan mengangkat keunikan dari pengrajin pisang sale dalam pembuatannya hingga permasalahan yang di hadapi oleh pengrajin pisang sale. kemudian film dokumenter tersebut akan di tayangkan di akhir pelepasan kegiatan KKNT, dan kemudian akan di posting ke channel youtube yang telah di sediakan oleh pihak KKNT dan akan disebarluaskan ke media sosial lainnya. Dari situlah publik akan mengetahui keunikan di desa kutawaringin sehingga mampu mempromosikan produk dan ciri khas dari desa kutawaringin.

Berikut dengan adanya program KKNT ini bisa menjadi dasar acuan untuk masyarakat khusunya yang ada di desa kutawaringin agar lebih termotivasi dan lebih menyadari potensi yang ada di desa kutawaringin ini baik dari segi produk lokal serta yang lainnya.

Semoga dengan adanya kegiatan KKNT ini masyarakat bisa ikut merasakan manfaat adanya kegiatan KKNT ini.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

Aparatur Desa

Back Next

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl.Pasir Kolotok Nomor.09
Desa : Kutawaringin
Kecamatan : Purwadadi
Kabupaten : Ciamis
Kodepos : 46286
Telepon :
Email : desakutawaringin001@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:27
    Kemarin:16
    Total Pengunjung:14.015
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.80.119
    Browser:Tidak ditemukan